Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Rapat Presentasi Audit Energi

Bidang Energi | 06 Agustus 2018

Rapat Presentasi Audit Energi Gedung Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan dilaksanakan pada hari Rabu, 18 Agustus 2018 yang bertempat di Aula Abrani Sulaiman Lantai 3 Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Peserta rapat dihadiri oleh seluruh SKPD dilingkungan Provinsi Kalimantan Selatan dan Gugus Tugas di lingkup Dinas ESDM Prov. Kalsel. Presentasi audit energi pada acara tersebut disampaikan oleh Balai Besar Teknologi Konservasi Energi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (B2TKE-BPPT). Acara dibuka oleh Bpk. Hermansyah selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

Sambutan oleh Bpk. H. Isharwanto, ST, MS selaku Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral. Sesuai Peraturan Pemerintah No. 70 Tahun 2009 Tentang Konservasi Energi dan dalam rangka mendukung Program Penghematan Energi sesuai Instruksi Presiden No. 13 Tahun 2011 Tentang Penghematan Energi dan Air. Audit energi ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar potensi penghematan energi yang mungkin dapat dilakukan. Sasaran dilaksanakannya kegiatan audit energi adalah untuk meningkatkan kinerja energi di Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan selatan yaitu melalui upaya-upaya konservasi dan efisiensi energi yang berkesinambungan. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini tentunya didasari suatu kerjasama agar kita dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya penghematan energi yang kami pandang sangat bermanfaat dalam rangka mendukung program-program pemerintah.

Hasil audit energi di Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, yang dilakukan oleh Team Balai Besar Teknologi Konservasi Energi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, kesimpulannya bahwa potensi penghematan energi terindentifikasi yaitu mematikan komputer dan dispenser saat karyawan pulang kerja, manajemen pengoperasian AC, pemasangan kaca film untuk mengurangi beban pendinginan, penggantian lampu tube flourescent ke tube LED, CFL ke LED dan pemasangan lampu LED yang dilengkapi sensor gerak di area parkir, mematikan lampu dititik-titik yang penerangannya cukup seperti koridor, parkir dekat sisi jendela luar dan penghematan air bersih dengan mengganti kran air serta memanfaatkan air daur ulang.


Kembali Ke Halaman Sebelumnya