Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan

Acara Pertemuan Teknis Kepala Teknik Tambang se Provinsi Kalimantan Selatan

Bidang Minerba | 06 Agustus 2018

Acara Pertemuan Teknis Kepala Teknik Tambang se Provinsi Kalimantan Selatan yang diselenggarakan oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral pada hari Kamis, 2 Agustus 2018 yang bertempat di Hotel Grand Dafam Q Mall Banjarbaru.

Kegiatan pertemuan teknis ini dilaksanakan mengingat peran penting dari Kepala Teknik Tambang dalam mendukung kegiatan operasional pemegang IUP/IUPK mulai tahap eksplorasi, operasi produksi hingga penutupan tambang. Secara struktural Kepala Teknik Tambang merupakan seseorang yang memiliki posisi tertinggi dalam struktur organisasi lapangan pertambangan yang memimpin dan bertanggung jawab atas terlaksananya operasional pertambangan sesuai dengan kaidah pertambangan yang baik. Kepala Teknik Tambang merupakan mitra pemerintah yang penting dalam rangka memimpin dan bertanggung jawab atas terlaksana serta ditaatinya peraturan perundang-undangan keselamatan kerja, keselamatan operasional dan lingkungan hidup pada suatu pertambangan di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya. Juga memastikan kegiatan operasional dilakukan oleh mitra kerja perusahaan terlaksana sesuai dengan kaidah pertambangan yang baik dan aman. Dengan terbitnya Peraturan Menteri ESDM Nomor 26 Tahun 2018 Tentang Pelaksanaan Kaidah Pertambangan yang Baik dan Pengawasan Pertambangan Mineral dan Batubara. Maka menjadi salah satu pedoman dalam pelaksanaan pengusahaan pertambangan mineral dan batubara.

Kementerian ESDM melakukan penyederhanaan beberapa Peraturan Menteri, Keputusan Menteri dan Peraturan Dirjen Sub Sektor Minerba yang bertujuan untuk : memangkas birokrasi, menghilangkan duplikasi sertifikasi, penyederhanaan tahapan kegiatan usaha pertambangan, efektifitas evaluasi melalui RKAB dan efektifitas pelaksanaan pengawasan kegiatan usaha pertambangan. Kebijakan-kebijakan tersebut diharapkan akan memberikan nilai tambah yang signifikan dari sektor usaha pertambangan dan jasa terhadap pelaku usaha maupun masyarakat. Dengan adanya pertemuan teknis ini dapat tercipta dan terjalin komunikasi yang baik dan meningkatnya sinergitas positif dengan seluruh stakeholder.


Kembali Ke Halaman Sebelumnya